RUANG LINGKUP FILSAFAT MANAJEMEN


RUANG LINGKUP FILASAFAT MANAJEMEN


Ruang lingkup filasafat manajemen berpijak dari teori yang dikembangkan dalam manajemen, misalnya teori oraganisasi klasik yang pertama kali diperkenalkan oleh B.I. Fayol yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan fungsi-fungsi manajemen, yaitu sebagai   berikut.

1. Planning (Perencanaan) . yaitu menentukan langkah-langkah yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya. Dalam perencanaan dikaji hakikat perencanaan, cara menyusun rencana, alasan perencanaan, dan manfaat perencanaan.

2. Organizing (Pengorganisasian), yaitu pengaturan bahan materil dan sumber daya manusia dalam melaksanakan rencan organisasi. Dalam prinsip organisasi secara filosofis tidak akan terlepas dari berbagai komponen yang integral.

3. Coordinating (pengkoordinasian), yaitu memastikan sumber daya dan kegiatan organisasi berlangsung secara harmonis dalam mencapai tujuannya. Hakikat pengkoordinasian pada organisasi adalah proses memudahkan evaluasi dan pengawasan, sehingga upaya memperbaiki dan menghilangkan keemahan-kelemahan organisasi mudah ditangulangi.

4. Commanding (pengarahan), yaitu memberi arahan kepada karyawan untuk menunaikan tugasnya. Secara filosofis, pengarahan berkaitan dengan hakikat kepemimpinan dan fungsi-fungsinya pada organisasi.

5. Controlling (Pengawasan), yaitu memantau rencana untuk membuktikan apakah rencana sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya. Falsafah pengawasan menjadikan fungsi kepemimpinan berjalan efektif. Jadi, kontrol organisasi dalam prespektif filsafat merupakan system pembinaan dan penilaian structural.

Dengan demikian, ruang lingkup filsafat manajemen secara materil mengkaji (Pengawasan), yaitu memantau rencana untuk membuktikan apakah rencana sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya. Falsafah pengawasan menjadikan fungsi kepemimpinan berjalan efektif. Jadi, kontrol organisasi dalam prespektif filsafat merupakan system pembinaan dan penilaian structural.

Dengan demikian, ruang lingkup filsafat manajemen secara materil mengkaji keberadaan organisasi dalam perspektif manajemen, hakikat, fungsi, dan nilai kesejatian dari organisasi dalam konteks manajemen.

Filsafat manajemen juga mengkaji subtansi manajemen dengan semua unsure keilmuan dalam manajemen, misalnya setiap organisasi harus membuat perencanaan jadi pertanyaannya, apa hakikat perencanaan ? Dan apa keguanaan perencanaan ? Pertanyaan tersebut harus dijawab secara filosofis, sehingga berkaitan dengan tiga pendekatan filsafat, yaitu :

1. Ontologi, mempertanyakan dan mengkaji hakikat manajemen atau disebut dengan teori hakikat manajemen;

2. Epistimologi, mempertanyakan dan mengkaji teori manajemen dan penerapannya, atau disebut teori pengetahuan manajemen;

3. Aksiologi, mempertanyakan dan mengkaji fungsi dan manfaat manajemen, atau disebut teori nilai manajemen.

Dengan tiga pendekatan filsafat tersebut, manajemen dapat dikatakan sebagai pengetahuan yang dilahirkan dan dikembangakan oleh filsafat. Oleh karena itu, kajian ilmu manajemen dan ilmu administrasi selalu melibatkan filsafat karena prinsip-prinsip dan fungsi-fungsi manajemen seluruhnya mengandung subtansi filosofis bagi pengembangan system organisasi, baik dari segi kepemimpinan maupun aspek administrasinya.

Belum ada Komentar untuk "RUANG LINGKUP FILSAFAT MANAJEMEN "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel