MANAJEMEN PEMASRAN DAN UNIT-UNIT PEMASARAN DALAM BISNIS




Manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencanaa, implementasi dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukatan yang bermanfaat dengan membeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Manajer pemasaran merupakan manajer yang bertanggung jawab dalam perencanaan dan pelaksanaan seluruh kegiatan bauran pemasaran yang menghasilakan transfer barang atau jasa kepada konsumennya. Rencana pemasaran strategis rinci dan berfokus unutk mengarahkan bauran pemasaran agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginana konsumen.
Lingkungan mikro : berbagi kekuatan yang dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya unruk melayani pelanggan, yaitu perusahaan, pemasok, perusahaan saluran pemasaran, pasar pelanggan, pesaing dan masyarakat.
Lingkungan mikro : kekuatan masyarakat lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro : demografi, ekonomi, alam, teknologi, polotik dan budaya.

Pesaing
Dalam lingkungan yang persaingannya ketat, tenaga pemasaran harus menyakinkan pembeli untuk membeli peroduk mereka bukan produk yang dijual penjual lain. Setiap program pemasran encari cara agar produknys terlihat paling menarik. Ada tiga tipe persaingan yaitu :
1.       Perasingan mereka terjadi antara produk-produk yang serupa. Persaingan di dasarkan pada persepsi pembeli mengenai manfaat produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
2.       Produk subtitusi, yaitu produk yang berbeda dari produk pesaing tetapi dapat mengisi kebutuhan yang sama.
3.       Persaingan internasioanl, yaitu pemasaran kompetitif dari produk-produk domestic terhadap produk luar negeri.

Suppliers / Pemasok
Pemasok menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa. Manajer pemasaran harus mengawasi ketersediaan pasokan-kekurangan atau penundaan pengiriman pasokan, pemogokan tenaga kerja dan peristiwa lain dapat mengurangi penjualan dalam jangka pendek dan merusak kepuasan palanggan dalam jangka panjang. Manajer pemasaran juga memantau harga dari sumber pemasok utama mereka. Kanaikan harga pasok bisa memaksa perusahaan menaikan harga yang dapat menurunkan volume penjualan.
a. Single Supplier/Pemasok tunggal yang bersifat monopoli.
b. Multi Supplier/Pemasok yang lebih dari satu atau banyak pemasok.

Marketing Channel / Perantara Pemasaran
Perantara pemasaran membantu perusahaan untuk mempromosikan, menjual dan mendistribusikan barang ke pembeli akhir. Perantara pemasaran meliputi penjual (padagang besar, again / pengencer), perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran (perusahaan riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media dan konsultan pemasaran) dan perantara keuangan  (bank, perusahaan kredit, perushaan asuransi).

Lingkungan politik dan hukum
Kegiatan-kegiatan politis, baik laur maupun secara domestic atau dalam negeri, dapat mempengaruhi kegitan bisnis yang dipengaruhi oleh kebijakan hukum yang mengatur tentang sektor bisnis cenderung berfluktuatif dengan kegiatan politis dan hukum yang cenderung berfluktuatif.

Lingkungan Sosial dan Budaya
Semakin banyak orang yang berkantor di rumah, jumlah keluarga dengan orang tua semakin meningkat, pilihan manakan dan kegiatan fisik / olahraga, mencerminkan semaikin meningkatanya kepedulian terhadap gaya hidup sehat, kriminalitas yang semakin meningkat serta bertumbuhnya pemahaman budaya sehingga mendorong tenaga pemasaran untuk memperbiki cara-cara mereka melakukan bisnis yaitu dengan cara mengembangkan dan mempromisikan produk-roduk baru bagi konsumen maupun industry.
Teknoligi-teknologi baru mempengaruhi pemasran karena teknologi menciptakan barang dan jasa bru. Misalnya DVD, kamrea digital, handphone, internet, dan cara belanja baru melalui internet.

Lingkungan Ekonomi
Kondisi ekonomi menetukan pola pengeluaran konsumen dunia usaha dan pemerintah. Kondisi ekonomi pempengaruhi setiap rencan pelaku pemasaran dalam penawarn produk, penetapan harga, dan strategi promosi. Variable ekonomi yang diperhatikan antara inflasi, tingkat suku bunga, resesi dan pemulihan ekonomi

Belum ada Komentar untuk "MANAJEMEN PEMASRAN DAN UNIT-UNIT PEMASARAN DALAM BISNIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel