PENGERTIAN DAN FUNGSI LAPORAN KEUANGAN




Pengertian dan fungsi laporan keuangan Seperti diketahui bahwa hampir setiap laporan keuangan yang hendak atau telah dibuat pasti memiliki tuajuan dan manfaat tertentu. Dalam praktiknya ada beberapa tujuan yang hendak akan dicapai, terutama bagi pemilik usaha dan manajemen perusahaan. Di sisi lain, tujuan laporan keuangan disusun dan dibuat guna memenuhi kepentingan berbagai poihak yang berkepentingan terhadap perusahaan.
Secara umum laporan keuangan bertujuan untuk memberikan informasi keuangan suatu perusahaan, baik pada saat tertentu maupun pada periode tertentu. Laporan keuangan juga berfungsi untuk menyajikan laporan yang berhubugnan tenteng keuangan suatu perusahaan seperti untuk mengetahui keuntungan, perubahan modal, arus kas perusahaan dalam satu periode atau waktu tertentu. Bagi pemerintah laporan keuangan berfungsi sebagai dasar penetapan dasar besaran pajak yang hendak tetapkan kepada suatu perusahaan. Jelasnya adalah laporan keuangan mampu memberikan informasi mengenai informasi keuangan kepada pihak dalam dan luar perusahaan yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan.
Berikut beberapa tujuan pembuatan atau penyususnan laporan keuagan yaitu :
1.       Memberikan informasi tentang jenis dan jumlah aktiva (harta) yang dimiliki perusahaan pada saat ini.
2.       Memberikan informasi tentang jenis dan jumlah kewajiban dan modal yang dimiliki perusahaan pada saat ini dan saat tertentu.
3.       Memberiakn informasi tentang jenis dan jumlah pendapatan yang diperoleh pada suatu periode tertentu.
4.       Memberikan informasi tentang jumlah biaya dan jenis biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam kurun waktu suatu periode tertentu.
5.       Memberikan informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi terhadap aktiva, pasiva, dan modal perusahaan.
6.       Memberiakn informasi tentang kinerja manajemen perusahaan dalam suatu periode.
7.       Memberikan informasi tentang catatan-catatan atas laporan keuangan.
8.       Informasi keuagan lainnya.
Jadi, degan memperoleh laporan keuangan suatu perusahaan, akan dapt diketahui kondisi keuangan perusahaan secara menyeluruh. Kemudian, laporan keuangan tidak hanya sekedar cukup dibaca saja, tetapi juga harus dimengaerti dan dipahami tentang posisi keuangan perusahaan saat ini. Caranya adalah degan melakukan analisis keuangan melalui berbagai rasio keuagan yang lazim dilakukan. Laporan keuagan juga dapat menjadikan dasar suatu investor akan melakukan investasi terhadap suatu perusahaan atau tidak. Untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainya anda dapat berkunjung ke bungkill.com

Belum ada Komentar untuk "PENGERTIAN DAN FUNGSI LAPORAN KEUANGAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel