PENGERTIAN DAN FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM)





Manajemen sumber daya manusia atau biasa di sebut MSDM merupakan serangkaian aktivitas organisasi yang diarahkan ke usaha menarik dan mengembangakan serta mempertahankan angkatan kerja atau sumber daya manusia yang efektif. Manajemen sumber daya manusia juga merupakan suatu proses menganalisis dan mengelola kebutuhan organisasi terhadap sumber daya manusia yang efektif guna menjamin tercapainya sasaran strategis perusahaan atau organisasi.
Fungsi-fungsi Manajemen Sumber Daya Manusi (MSDM) :
1.       Perencanaan sumber daya manusia.
Perencanaa sumber daya manusia yaitu perencanaan atau peramalan secara sistematis terhadap permintaan dan penawaran organisasi di waktu yang akan datang.
2.       Rekrutmen.
Rekrutmen yaitu proses pencarian dan penarikan calon karyawan atau tenaga kerja baru yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja organisasi.
3.       Seleksi
Seleksi yaitu serangkaian kegiatan yang digunakan untuk memutuskan apakah pelamar atau calon tenaga kerja diterima atau tidak.
4.       Orientasi.
Orientasi memperkenalkan karyawan baru pada peranan atau kedudukan mereka dalam organisasi dan pada karyawan lain.
5.       Latihan dan Pengembangan.
Latiah bertujuan untuk memperbaiki kualitas tenaga kerja dalam pengusaan berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu, terinci dan rutin dalam suatu organisasi .
Pengembangan bertujuan untuk memperbaiki serta meningkatkan pengetahuan, kemamuan, sikap dan kepribadian tenaga kerja dalam melakukan aktivitas dan rutinitas dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
6.       Pemeliharaan.
Pemeliharaan merupakan fungsi personalia yang berkaitan dengan pemberian kompensasi, hubungan perburuhan, pelayanan karyawan, program kesehatan dan keselamatan kerja.
7.       Pemberhentian.
Pemberhentian dan pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa terjadi karena karyawan mengundurkan diri, pensiun, tidak mampu/sudah tidak produktif, dipecat atau dikeluarkan karena beberapa alasan.

Belum ada Komentar untuk "PENGERTIAN DAN FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel