Pengertian Manajemen




Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Pengaturan yang dilakukan melalui proses yang diatur berdasarkan urutan dan funsi-fungsi manajemen itu sendiri. Jadi, menajemen itu merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.
Perlu dipahami bahwa manajemen dan organisasi bukan tujuan, tetapi hanya alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan, karena tujuan yang ingin dicapai adalah keuntungan berupa laba (profit).

Baca Juga : Jasa Pembuatan Tugas Murah dan Berkualitas

Walaupun manajemen hanya merupakan “alat seta wadah”, tetapi harus diatur secara optimal. Mismanagement harus sebisa mungkin dapat dihindari karena akan menimbulkan kerugian, pemborosan, sampai tujuan yang ingin dacapai tidak dapat terwujud atau tercapai.

Beberapa pengertian manajemen menurut para ahli antara lain :

Drs. H. Malayu S.P. hasibuan

Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan tertentu.

Andrew F. Sikula
Management in general refers to planning, organizing, controlling, staffing, leading, motivating, communicating, and decision making activites performed by any organizing in order to coordinate the varied resource of the enterprise so as to bring an efficient creation of some product or service.

Artinya :
Manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktivitas-aktivitas perencanaan pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien,


G.R. Terry
Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling performed to determine and accomplish stated objectives by the use of human being and other resources.

Artinya :
Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, perngorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menetukan seta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemenfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

Harold Koontz and Cyril O’Donnel
Management is getting things done trought people. In bringing about this  coordinating of group activity, the manager, as a manager plans, organizas, staffs, direct, and control the activities other people.
Artinya :
Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manjer mengadakan koorninasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan dan pengendalian.
Kita dapat menarik kesimpulan dari pengertian di atas antara lain :
1.       Manajemn mempunyai tujuan yang ingin dicapai
2.       Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dengan seni
3.       Manajemen merupakan proses yang sistematis, terkoordinasi, kooperatif, dan terintegrasi dalam pemanfaatan unsur-unsurnya
4.       Manajemen baru dapat akan diterapkan jika ada dua orang atau lebih melakukan kerjasama dalam suatu organisasi.
5.       Manajemen harus didasarkan pada pembagian kerja, tugas, dan tnggungjawab
6.       Manajemen terdiri dari beberpa fungsi
7.       Manajemen hanya merupakan  alat untuk mencapai tujua.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel