JENIS DAN MODEL DALAM BISNIS






Ada berbagai manacam jenis dan model bisnis yang ada di zaman modern sepert sekarang ini. Pada umumnya konsep bisnis terbagi menjadi dua yaitu bisnis yang berorientasi pada keuntungan atau profit dan non profit. Model-model bisnis terbagi juga dalam beberapa model secara umum antara lain :


1.     Membangaun sistem bisnis sendiri


Membangun sistem bisnis sendiri merupakan salah satu model bisnis yang pertama dan sudah dilakukan sejak dahulu oleh para pelaku bisnis. Bisnis dengan cara ini pada dasarnya dilakukan orang dengan memulai bisnis dari nol. karena sistem model bisnis ini terkesan sangat baru bagi seorang pelaku bisnis yang mulai bisnis ini memerlkan trial and error. Selain itu terkadang orang perlu belajar dari bisnis orang lain yang serupa yang telah dijalankan terlebih dahulu dan sudah berhasil. Sistem bisnis ini biasanya mengandalkan pengalaman baik dari diri sendiri dan orang lain untuk menemukan konsep dan model yang baik dari bisnis yang dijalani.


2.     Bisnis Waralaba


Jika pada cara pertama para pelaku bisnis harus membangun sendiri sistem dan model bisnis yang dijalankan, dengna waralaba para pelaku usaha tidak perlu membangun sistem bisnis sendiri. Para pemilik waralaba atau biasa disebut franchise telah membangun sistem bisnisnya yang sudah teruji baik dan berhasil. Dengan membeli produk waralaba para pelaku bisnis juga telah membeli sistem yang telah jadi. Tinggal kosentrasi bagaimana para pelaku bisnis memanage atau mengelola sumber daya yang ada.
Akan tetapi para pelaku bisnis perlu jeli dalam memilih produk waralaba yang ditawarkan, karena banyak produk waralaba yang hanya menawarkan janji-janji yang tidak realistis.

3.     Bisnis Pemasaran Jaringan/ Multi Level Marketing (MLM)


Sistem bisnis pemasaran jaringan atau MLM biasanya hampir mirip dengan sistem bisnis waralaba, akan tetapi sistem bisnis jaringan dapat dilakukan dengan skala yang lebih kecil. Pada dasarnya para pelaku bisnis dalam sistem ini akan menjalankan sistem yang sudah dibangun oleh orang lain. Ada organisasi bisnis pemasaran jaringan yang semata-mata menginginkan anggotanya menjual sistem kepada orang lain, dengan memberikan mimpi sukses dalam waktu singkat. Tetapi ada juga yang benar-benar mendidik para anggotanya untuk menjadi sukses. Oleh karena itu untuk calon pelaku bisnis dalam bisnis pemasaran jaringan harus lebih teliti dalam memilih organisasi bisnis pemasaran jaringan yang baik.

Belum ada Komentar untuk "JENIS DAN MODEL DALAM BISNIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel