Tipe-Tipe Perubahan Sosial



Perubahan sosial dapat terjadi di segala bidang. wujudnya dapat dibagi menjadi beberapa bentuk perubahan sosial menurut soekanto, yaitu sebagai berikut.

  • Perubahan Lambat dan Perubahan Cepat
Perubahan yang terjadi secara lambat mengalami rangkaian perubahan yang saling berhubungan pada jangka waktu yang lebih lama. Perkembangan perubahan ini disebut evolusi. Perubahan secara evolusi dapat diamati berdasarkan batas waktu yang telah lampau sebagai patokan atau tahap awal hingga masa yang sedang berjalan.


Perubahan sosial yang terjadi secara cepat mengubah dasar atau sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat. Perkembangan perubahan ini dinamakan revolusi. Contohnya, revolusi indostri di Eropa yang menyebapkan perubahan besar-besaran dalam proses produksi barang-barang industri.
  • Perubahan Kecil dan Perubahan Besar
Perubahan kecil adalah perubahan yang memengaruhi unsur-unsur kehidupan masyarakat, tetapi tidak memiliki arti penting dalam struktur sosial. Contohnya, perubahan mode pakaian yang tidak melanggar norma atau nilai sosial. Perubahan besar adalah perubahan yang dapat memengaruhi lembaga-lembaga yang ada pada masyarakat. Misalnya, perubahan sistem pemerintah yang memengaruhi tatanan negara suatu bangasa.

  • Perubahan Dikehendaki dan Perubahan Tidak Dikehendaki
Perubahan tidak dikehendaki (unintended-change) atau perubahan tidak direncanakan (unolenned-change) umumnya beriringan dengan perubahan dikehendaki. Misalnya, adanya pembuatan jalan baru yang melalui suatu desa maka sumber daya pertanian dan peternakan akan mudah dipasarkan ke kota. Dengan demikian tingkat kesejahteraan penduduk desa akan meningkat. Walaupun demikian, lancarnya hubungan desa dengan kota menyebabkan mudahnya penduduk desa melakukan urbanisasi dan masuknya budaya kota terutam budaya yang bersifat negatif, seperti mode yang dipaksakan, minuman keras, VCD porno, dan keinginan penduduk desa untuk memiliki barang-berag mewah.

Belum ada Komentar untuk "Tipe-Tipe Perubahan Sosial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel