Sistem Pengelolaan Manajemen Perubahan Sosial



Sistem dapat didefinisikan dengan pendekatan prosedur dan pendekatan komponen. Sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan prosedur yang mempunyai tujuan tertentu. Sistem merupakan jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Sistem adalah sesuatau yang memiliki bagian-bagian yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu, melalui tiga tahapan yaitu, input, proses, dan output.

Selanjutnya, menurut Sutarman, sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapian tujuan utama.

Secara sederhana, sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan unsur, komponen, atau variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi, bergantung satu sama lain, dan terpadu.

Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulakan bahwa sistem adalah suatu kumpulan atau kelompok dari elemen atau komponen yang saling berhubungan atau saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu.


Sistem Manajemen perubahan sosial (change Management System) menurut Zaltman, memiliki tiga sub-sistem yaitu: (1) sub-sistem organisasi yang meliputi perencanaan dan pengorganisasian; (2) sub-sistem komunikasi yang meliputi pelaksanaan dan difusi inovasi; (3) sub-sistem target perubahan yang meliputi proses keputusan oleh adoper yang selanjutnya menjadi bahan penilaian pelaksanaan inovasi. Sistem pengelolaan perubahan sosial tersebut bertujuan untuk mengadakan perubahan sosial.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan sumbangsi yang besar dalam mewujudkan hidup yang bahagia dan sejahtera. Pengelolaan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan tantangan yang harus dijawab dalam rangka pengelolaan perubahan sosial.

Belum ada Komentar untuk "Sistem Pengelolaan Manajemen Perubahan Sosial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel