ALAT PENGENDALIAN OPERASIONAL DALAM BISNIS (TOOL OPERATING CONTROL)




Alat untuk pengendalaian operasi dalam bisnis ada beberapa yang dapat membantu manajer dalam upaya pengendalian operasi dalam bisnis adalah pelatihan pekerja, just in time production system, serta pengendalian mutu kualitas produk.
·         Pelatihan tenaga kerja (karyawan)
Kepuasan pelanggan sangat erat kaitannya dengan kinerja karyawan yang memberikan pelayanan. Pekerja dalam sektor jasa dilatih dan dimotivasi dalam sikap dan berperilaku yang berorientasi kepada pelayanan pelanggan yang baik.
·         Just in time (JIT) production system
Just in time (JIT) production system adalah metode produksi yang mengumpulkan keseluruhan bahan dan komponen yang diperlukan di setiap tahap produksi pada waktu yang tepat saat mereka dibutuhkan untuk setiap tahap produksi. Tujuan JIT adalah untuk meminimalkan kelebihan biaya persediaan, mengurangi hingga tidak ada barang yang berada dalam tahap pemrosesan saat waktu penyesaian produksi yang di tentukan.
·         Material Requirment Planning (MRP)
Material requirment planning (MRP) yaitu metode pengendalian produksi dalm suatu organisasi bisnis maupun parusahaan yang menggunakn bill of material untuk menjamin bahwa jumlah bahan yang tepat telah dikirmkan ke tempat yang akan dituju atau tempat pengiriman yang dituju dengan tepat dan tepat waktu.
·         Bill of material
Bill of material adalah alat pengendalian produksi yang menspesifikasikan atau mengelompokan bahan-bahan kandungan berdasarkan yang penting dari suatu produk (bahan-bahan pokok dan bahan pendukung), pesanan yang harus digabungakn dan seberapa banyak yang dibutuhkan untuk membuat suatu batch.
·         Manufacturing Resource Planning (MRP II)
Manufacturing resource planning (MRP II) adalh suatu versi lanjutan dari MRP yang mengumpulkan seluruh bagian dari organisasi ke dalam kegiatan produksi perushaan.
·         Pengendalaian Mutu / Kualitas (Quality Control)
Pengendalaina mtu / kualitas (Quality Control) adalah manajemen dari proses produksi yang dilakukan serta dirancang untuk manufaktur barang atau kita dapat menyediakan jasa yang sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan suatu organisasi bisnis atau perusahaan.
Pengendalian mutu ini harus dimulai dari tahap awal yaitu dimulai dari bahan mantah, lalu ke proses produksi, hingga sampai menajdi barang jadi maupun setengah jadi. Untuk manajemen kualitas total atau Total Qulaity Management (TQM) yaitu sejumlah atau seluruh kegiatan yang diperlukan untuk menetapkan standar kualitas hasil  produksi barang dan jasa ke dalam pemasarannya serta adaptasi dan kemampuan produk dalam persaingan di pasar.
Alat yang sering digunakan dalam manajemen kualitas total atau Total Quality Managemant (TQM) adalah
-          Analisis terhadap nilai tambah produk
-          Malkukan kontrol proses secara statistik
-          Studi tentang kualitas dan biaya
-          Membentuk timgugus kendali mutu
-          benchmarking

Baca Juga : Jasa Pembuatan Tugas Murah dan Berkualitas

Belum ada Komentar untuk "ALAT PENGENDALIAN OPERASIONAL DALAM BISNIS (TOOL OPERATING CONTROL)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel