Pengertian Ilmu dan Seni Manajemen Serta Perbedaannya




Ilmu (science) adalah sekumpulan pengetahuan yang telah disistematiskan dikumpulkan, dan diterima menurut pngertian kebenaran umum mengenai keadaan suatu subjek dan objek tertentu.

Science management (manajemen ilmiah) adalh suatu kumpulan pengetahuan yang disistematiskan, dikumpulkan, dan diterima menurut pengertian kebenaran-kebenaran universal mengenai manajemen.

Seni (art) adalah suatu kreativitas pribadi yang kuat dan disertai keterampilan.
Ilmu mengjarkan kepada orang suatu pengetahuan, sedangakn seni mendorong orang untuk berpraktek.


Seni manajemen meliputi kecakapan untuk melihat totalitas dari bagian-bagian yang terpisah dan berbeda-beda, kecakapan dan kemampuan untuk menyatukan visi tersebut yang dimiliki dengan skill atau keterampilan dan kecakapan yang efektif.

Manajer merupakan seorang ilmuan dan sekaligus seniman, yang mengandalkan diri pada ilmu, ia pun harus mempunyai “firasat atau keyakinan serta kreativitas” dan menguasai cara-cara “penerapan dan pengaplikasiannya”. Karena itu seseorang yang mempunyai pengetahuan luas tentang manajemen bisa saja gagal dalam melaksanakan tugasnya sebagai manajer yang kompeten, jika ia kurang menguasai art of management (seni manajemen).

PERBEDAAN ANTARA SCIENCE DAN ART

Science/ilmu
Art/Seni
Berkembang secara teoritis
Membuktikan
Meramalkan
Memberikan definisi
Memberikan kapasitas atau/ukuran
Berkembang secara praktis
Merasa
Menerka
Menguraikan/mengajarkan
Memberikan pendapat


Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu mengajarkan kita tentang sesuatu, sedangakn seni mengajarkan kita bagaimana sesuatu hal dilakukkan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Ilmu dan Seni Manajemen Serta Perbedaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel